CARA MENYEMBUNYIKAN FOLDER YANG AMAN

on Rabu, 22 April 2009

Sebelum kita malakukan cara ini kita harus tau apa tujuan menyembunyikan file dan folder kita, dan yang pastinya biar aman dan tidak diketahui oleh orang lain. Kemudian kita harus tau tentang ilmu dasar MS DOS (COMMND PROMPT) seperti perintah cd, attrib, md, dsb. Karena pada cara ini kita akan menggunakan MS DOS PROMPT. Ok langsung aja kita mulai.

  1. Jalankan program Ms Dos Prompt, caranya klik menu start → run.
  2. Sehingga keluar tampilan seperti di bawah ini, ketikan huruf cmd pada kolom Open. Lalu klik Ok.
  3. Setelah itu muncul tampilan Ms Dos Prompt seperti di bawah ini, sebelumnya anda harus tau dimana lokasi file dan folder yang ingin anda sembunyikan, sebagai contoh saya ingin menyembunyikan folder saya di drive C: dengan nama habib. Lalu saya gunakan perintah cd\ untuk kembali ke drive C:.
  4. Sehingga keluar tampilan seperti gambar di bawah ini, nah kita akan menyembunyikan folder dengan nama habib. Maka kita akan menggunakan perintah attrib, perintah attrib digunakan untuk memberi attribute pada suatu file /folder, seperti attrib +s +h. Keterangannya adalah +s (s = system) digunakan untuk menyembunyikan folder/file dengan system, sehingga tidak bisa dilihat dengan settingan show hidden files and folders yang ada pada folder options di Control Panel. Sedangkan +h (h = hidden) digunakan untuk menyembunyikan file/folder, sama fungsinya dengan +h, Cuma +h ini bisa dilihat dengan settingan show hidden files and folders yang ada pada folder options di Control Panel.
  5. Setelah anda mengetahui tentang perintah attrib, langsung saja kita praktekan. Tadi kita akan menyembunyikan folder dengan nama habib yang ada di drive C:. maka kita ketikan perintah attrib habib +s +h lalu tekan enter, tunggu hingga keluar tampilan seperti di bawah ini.
  6. Berarti folder sudah tersembunyi secara aman. Jika anda ingin menampilkan folder yang tersembunyi gunakan cara seperti di atas, Cuma pada perintah attrib +s +h diganti dengan attrib -s -h. Ok semoga anda sucses selalu…

0 komentar:

Posting Komentar